page

Monday, October 25, 2010

Dark Chocolate, Sunblock Alami Untuk Kulit



Mendengar kata cokelat sudah pasti terbayang kelezatan sebuah balok berwarna cokelat gelap itu. Dan kali ini Anda boleh senang, kerana cokelat juga bermanfaat sebagai sunblock.


Yay! Tentu saja Anda senang mendengar berita baik tersebut. Namun, bukan semua cokelat, hanya dark chocolate-lah yang memiliki manfaat sebagai sunblock alami.

Dark chocolate atau disebut juga sebagai plain chocolate merupakan cokelat yang diproduksi dengan menambahkan lemak dan gula, tanpa susu. Pada umumnya dark chocolate digunakan sebagai bahan kue. Namun karena banyak penggemarnya, maka dark chocolate ini juga ada yang diproduksi sebagai cokelat konsumsi, tentu saja dengan prosentase kakao yang bermacam-macam. Semakin tinggi kandungan kakaonya, dark chocolate semakin mahal harganya, dan juga semakin pahit rasanya. Hmm...

Rasa pahit dark chocolate mungkin tak sebanding dengan manfaat yang dimilikinya. Ya, batangan cokelat ini sangat kaya akan flavonoids, sebuah zat antioksidan yang melindungi tubuh dari penuaan dini dan radikal bebas. Artinya, dengan mengonsumsi dark chocolate secara rutin, maka tubuh Anda semakin terlindungi dari radikal bebas dan menghambat penuaan diri pada tubuh.

Hei, masih ada kabar baik lainnya. Zat antioksidan tersebut melindungi kulit dari sinar matahari atau sifatnya seperti produk sunblock.

Seperti dikutip dari womansday, sebuah penelitian dilakukan terhadap dark chocolate. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada cokelat meningkatkan perlindungan kulit terhadap sinar UV dari dalam tubuh. Hal ini ditemukan pada dark chocolate dengan minimal kandungan 70% kakao. 

No comments:

Post a Comment